Semenanjung Sinai Terdapat di Negara Mana?

Semenanjung sinai terdapat di negara mana? Jawabannya adalah semenanjung sinai terdapat di negara Mesir. Ya, semenanjung Sinai adalah sebuah semenanjung berbentuk segitiga yang terletak di Asia Barat tetapi menjadi bagian dari negara Mesir di Afrika. Daerah ini menjadi penghubung antara benua Asia dan Afrika. Semenanjung Sinai terletak di antara Laut Mediterania di utara, dan Laut Merah di selatan. Semenanjung Sinai adalah satu-satunya bagian dari wilayah Mesir yang terletak di Asia dan dikenal sebagai jembatan darat antara dua benua. Orang Mesir menyebut Sinai sebagai "Tanah Fairuz” berdasarkan "Dumafkat" Mesir Kuno.

semenanjung sinai
via pixabay
Semenanjung yang terdapat di negara Mesir ini memiliki luas sekitar 61 ribu kilometer persegi atau setara dengan sekitar 6% dari total wilayah Mesir. Al Arish adalah ibu kota Sinai Utara dan kota terbesar di semenanjung. Wilayah semenanjung Sinai dibagi secara administratif menjadi dua provinsi yaitu Sinai Utara yang beribukota di  Arish dan Sinai Selatan yang beribukota di Tur, kota Port Fouad yang merupakan bagian dari provinsi Port Said, pusat kota Qantara Timur yang merupakan bagian dari provinsi provinsi Ismailia dan wilayah Ganayen yang merupakan bagian dari provinsi provinsi Suez.

Semenanjung Sinai adalah satu-satunya wilayah yang memiliki sekitar 30% dari pantai Mesir. sebagian besar wilayah semenanjung Sinai dikelilingi oleh air dari laut Mediterania di utara (dengan panjang 120 km), Terusan Suez di barat (160 km), Teluk Suez dari barat daya (240 km), dan Teluk Aqaba dari arah tenggara dan timur (150 km).

Iklim gurun Mediterania umumnya ditandai oleh musim kering dan panas sepanjang tahun, kecuali pantai Mediterania dan pegunungan tinggi.

Pada bulan April 2013, populasi Semenanjung Sinai diperkirakan mencapai 577.000, yang sebagian besar adalah Badui. Penduduk Sinai termasuk suku Arab dan suku lain dengan total Sebanyak 26 suku, sebagian dari mereka adalah suku tertua di Sinai.

Semenanjung Sinai adalah pemasok pertama kekayaan mineral di Mesir, dengan minyak mengalir dari sisi baratnya, dan dari sisi timur tembaga, fosfat, besi, batu bara, mangan dan uranium.
Itulah sedikit pemaparan mengenai semenanjung Sinai yang terdapat di negara Mesir.

Referensi:


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hanoi, Ibu Kota Negara Vietnam

Provinsi Bali Masuk dalam Daerah Waktu Indonesia Tengah

Nama Ibu Kota Singapura